-->

    Social Items


Blogging, gampang ga sih? Bagaimana cara mendapatkan adsense dari blog?

Banyak orang yang bilang kalau nge blogging itu ga boleh didasari dari keinginan untuk mendapatkan uang. Waktu saya belum mencobanya sendiri, saya masih bingung soal kalimat ini, tetapi begitu saya mulai membuat blog sendiri, saya makin mengerti hal tersebut. Kenapa? 
1. Blogging itu prosesnya tidak instan, memakan waktu sangat lama, estimasi bisa berbulan-bulan, minimal 6 bulan atau bahkan 1 tahun untuk mendapatkan keuntungan. Jadi kalau anda mengharapkan uang secara cepat lewat internet, lebih baik anda memilih alternatif lain seperti mengerjakan survey online di internet yang bayarannya sudah pasti dan dapat payout setiap bulan jika Anda aktif dalam program survey tersebut. Saya sarankan anda mencoba rakuten survey karena insentif yang diberikan cukup menarik dan sudah terbukti membayarkan jerih payah penggunanya.

2. Jika Anda mulai membuat blog dari 0, dan ingin cepat mendapatkan traffic, akan lebih baik bila Anda membeli domain untuk blog anda, harganya berkisar 50 ribu sampan berjuta-juta untuk satu tahun, tergantung domain yang dibeli. Manfaat dari membuat domain tersebut adalah untuk menunjukkan kesungguhan Anda dalam mengembangkan blog tersebut, dimana kebanyakan orang masih menganggap bahwa domain berbayar lebih terlihat profesional. Coba saja Anda bayangkan sendiri, mana yang lebih "keren"? Myskips.com atau Myskips.blogspot.com. Tapi jika memang kalian hanya membuat blog untuk menyalurkan hobi menulis, tidak ada salahnya Anda menggunakan fasilitas gratis dari blogspot atau wordpress. Karena dengan konten yang baik dan tidak asal copy paste, saya yakin domain gratis pun akan dilirik orang.

3. Anda perlu mengeluarkan uang untuk menarik pengunjung atau mendatangkan traffic ke blog Anda, jika Anda merasa traffic blog anda kurang ramai.Uang yang dikeluarkan tsb Anda gunakan untuk mengiklankan blog anda di internet.

FASE PERTAMA : KESULITAN MEMBUAT TOPIK DAN MEMBANGUN BRAND

Nah, karena alasan tersebut Blogging itu susah-susah-gampang. Pada awalnya semua blogger pasti akan kesulitan untuk menentukan tujuan / road map blog mereka. Tema atau topik (niche)yang dibahas oleh blogger pemula ini biasanya campur aduk. Hal ini membuat pengiklan bingung karena kesulitan menentukan segment target pembaca dari blog Anda. Akan lebih baik jika Anda tidak terlalu banyak memilih topik dalam 1 website/blog. Pembaca dari blog Anda pun biasanya hanya akan mengikuti blog anda untuk beberapa konten spesifik. Begitu banyak hal yang bisa Anda analisa dan rencanakan jika Anda sudah mengetahui topik dan brand dari blog Anda.

FASE KEDUA: PROSES DITERIMA ADSENSE

Begitu banyak trial dan error yang dibutuhkan oleh blogger pemula untuk membangun blog mereka menjadi sebuah web yang didatangi oleh banyak pembaca. Apalagi di jaman sekarang ini, dimana banyak kaum milenial dan gerasi Z lebih suka menonton daripada membaca, hal ini menyebabkan traffic ke blog rata-rata menurun hingga 20%. TAPI, dari setiap kesusahan, disana ada kesempatan. Karena nge-blog tidak lagi menjadi sesuatu yang sangat diminati seperti pada awalh tahun 2000, maka kini untuk mendapatkan Adsense approval (persetujuan iklan dari google) cukup terbilang mudah dibandingkan dulu.

Jika Anda mencari dari internet, biasanya orang akan menulis syarat diterima Google Adsense adalah sebagai berikut:
- Usia blog lebih dari 6 bulan.
- Trafik / pageviews 1000 per hari atau 30.000 sebulan (Pengunjung 10.000).
- Memiliki setidaknya 30 artikel.

FASE KETIGA: PROSES OPTIMASI BLOG

Ketika Anda sudah meluangkan waktu dan pikiran untuk membangun blog Anda, saya yakin tidak akan susah untuk Anda mendapatkan Adsense account dari Google. Anda kemudian akan menyetting kode dari Google adsense (Biasanya Autoads code) ke dalam blog Anda. Setelah anda melakukan beberapa penyettingan, iklan akan otomatis langsung muncul di blog Anda.

Untuk blog baru yang masih mendapatkan pageviews di bawah 500 per hari, hasil dari Adsense akan sangat kecil. Perlu setidaknya 5000-10.000 unique visitor perhari agar Anda dapat melakukan payout (mendapatkan bayaran) dari Google Adsense setiap bulan. Oleh karena itu, jika page views dan unique visitor dari blog kalian masih terbilang kecil, Anda perlu mencari cara untuk menaikkan traffic blog Anda. Ada banyak cara dan tips yang Anda bisa ikuti di internet, akan tetapi yang paling mendasar adalah: Membuat konten berkualitas yang lebih banyak lagi.

Kesimpulan
- Perlu minimal 6 bulan agar Anda mendapatkan uang/hasil gajian pertama dari Google adsense. Proses membuat blog akan berlangsung sekitar 1-3 bulan, sebelum Anda bisa mendaftarkan blog Anda ke Google agar lulus dari seleksi Adsense. Berdasarkan pengalaman, butuh waktu 1-2 bulan agar akun Google Adsense anda Aktif setelah diterima. Jadi dari sini saja sudah butuh 5 bulan, jika blog Anda bisa mendapatkan 100.000 pageviews per bulan, makan dalam 6 bulan, saya yakin kalian akan mendapatkan gaji pertama Anda.
- Nah ini bagian mudahnya, ketika grafik blog Anda sudah semakin naik/meninggi dan konten /artikel pada blog anda sudah lebih dari 1.000, blog Anda akan bekerja sendiri tanpa perlu Anda monitor terus. Saat itulah anda memiliki asset kekayaan intelektual yang bisa Anda miliki sampai bertahun-tahun, tergantung kepopuleran blog Anda tersebut.

Subscribe Our Newsletter