-->

    Social Items


GOPAY, OVO DAN DANA, PILIH YANG MANA?

Begitu banyak perusahaan start up baru yang muncul setiap tahunnya di Indonesia, tampaknya banyak investor melirik pasar Indonesia dengan respon yang cukup baik sebagai salah satu negara berkembang. Jika dilihat dari kaca mata orang awam, kita sering mendengar istilah "bakar duid investor", ya, bagaimana tidak? Dengan begitu gilanya PROMO digital yang ditawarkan sekarang ini, Anda bisa membeli sebuah barang dengan harga yang sangat miring, bahkan lebih murah dari harga modal!


Apakah Anda pernah mendengar berita di internet atau TV dimana ada beberapa oknum ilegal yang memanfaatkan celah dari promo-promo startup tersebut? Sebagai contoh cashback yang diberikan oleh Tokopedia dan Shoppe, memberikan keuntungan hingga milyaran rupiah dari hasil Cashback berpuluh akun fiktif. Ok, tidak perlu melihat sisi negatifnya, sebagai orang awam, mari kita ambil sisi positifnya dan manfaatkan dengan baik dan wajar promo tersebut.

GOPAY
Ya, aplikasi yang awalnya berbasis transportasi ini sekarang menawarkan dompet digital juga. Saldo Gopay dapat Anda gunakan untuk membayar biaya jasa di aplikasi GOJEK dan mitra usaha lainnya. Kita hidup di era dimana sebuah unicorn besar semakin meluaskan sayapnya dengan berbagai lini bisnis tambahan lainnya. Gojek yang awal mulanya hanya menawarkan jasa ojek motor, berkembang menjadi menawarkan jasa transportasi roda empat juga (mobil). Dari tahun ke tahun, Gojek menambahkan jumlah layanan yang bisa Anda temukan di aplikasi Gojek tersebut. Mulai dari Gojek, Gocar, Gosend, Goshop, Gofood, Goclean, Gomassage, Gobluebird, Gobills, Gomart, Gobox, Godaily, Gofix, Golaundry, Goglam, Goauto dan masih banyak lagi.

Aplikasi dari Gopay ini patut anda install ke dalam HP Anda. Hanya dalam 1 aplikasi ini, tersedia begitu banyak layanan yang bisa Anda gunakan. Cara pembayarannya pun cukup mudah, tanpa perlu repot berurusan dengan uang kembalian, gunakan saja GOPAY.

Fitur Gopay pada aplikasi Gojek ini bisa Anda gunakan untuk membayar makanan, minuman atau barang dari mitra yang berpartisipasi. Kebanyakan dari mitra tersebut memiliki promosi potongan 20% hingga 60% loh untuk pengguna baru!

OVO
Tampaknya OVO memilih bekerja sama dengan kompetitor langsung dari Gojek, yaitu GRAB untuk dapat bersaing dengan perusahaan yang telah memimpin (mendominasi) pasar di Indonesia. Walaupun sempat kalah start, OVO sudah berhasil mengejar ketinggalan dan menjadi sebuah aplikasi yang dicintai oleh rakyat Indonesia (selain tentunya GOJEK). Bagaimana tidak? Akhir-akhir ini, OVO secara agresif melancarkan promo secara besar-besaran, dimana kompetitornya, GOJEK sudah mengurangi hal tersebut. Sebenarnya aplikasi OVO hanya menyediakan jasa dompet digital, yang dapat Anda gunakan untuk membayar barang di merchant yang berpartisipasi, selain itu Anda juga bisa membayar PLN, pulsa, paket data, BPJS dan masih banyak lagi menggunakan dompet digital OVO ini. Tetapi aplikasi satu ini link dengan GRAB, sehingga OVO dapat mempermudah Anda ketika meggunakan jasa layanan dari aplikasi GRAB. Diskon yang ditawarkan untuk GRAB FOOD pun sangat menggoda, dari 40% hingga 50%!

DANA
Kalau prinsip saya, semakin banyak variasi yang ditawarkan di pasaran, akan lebih menguntungkan pihak pembeli / konsumer. Tentu semakin banyak persaingan di dunia bisnis, pembeli akan semakin dimanja dengan "insentif "yang diberikan dari perusahaan tersebut, dimana mereka berlomba-lomba menjadi no 1 dan menguasai pasar. Walaupun cara pembayaran dari Dompet digital Dana ini cenderung berbeda dengan OVO dan GOPAY, akan tetapi juga sama mudahnya. DANA pun merupakan salah satu aplikasi yang menawarkan promo besar-besaran di Indonesia. Jika Anda lihat di mall atau restoran, banyak sekali merchant yang menawarkan potongan harga (diskon) hingga 50% dengan menggunakan DANA.

KESIMPULAN
Berhubung ketiga aplikasi ini hanya bermodalkan mobile data (pulsa), handphone dan waktu, maka saya sarankan untuk meng-install ketida aplikasi di atas dan memanfaatkan promo yang ditawarkan dari ketiga raksasa startup ini.

Subscribe Our Newsletter